1. Apa yang dimaksud dengan perencanaan bisnis?
Perencanaan bisnis merupakan langkah awal dalam menjalankan bisnis, biasanya terdiri dari apa yang akan kita lakukan, kapan dan bagaimana cara melakukannya. Perencanaan bisnis yang baik akan membantu dalam melihat lebih jelas mengenai tipe bisnis yang akan dirintis, siapa saja yang akan menjadi pelanggan dan produk atau jasa apa yang akan anda tawarkan kepada mereka.
Jenis usaha kecil tidak perlu membuat rencana bisnis yang rumit untuk memulai usahanya. Seringkali rencana bisnis dibuat bentuk catatan saat melakukan diskusi atau tanya jawab.Seringkali orang dalam memulai bisnis tanpa rencana sama sekali, sehingga ide-ide mereka menjadi kabur dan mereka tidak tahu apa yang selanjutnya harus mereka lakukan. Dengan menulis sebuah rencana, meskipun itu berupa catatan-catatan kecil, kita akan mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai jenis bisnis yang anda inginkan, serta bagaimana bisnis itu harus berkembang sejalan dengan waktu.
Beberapa hal yang dapat kita pikirkan saat menulis rencana bisnis, yaitu:
§ Jenis usaha apa yang akan kita rintis
§ Tujuan apa dari bisnis yang akan dirintis
§ Bagaimana bisnis kita akan menghasilkan uang
§ Siapa yang akan menjadi pelanggan kita
§ Bagaimana cara kita mendapatkan pelanggan
Langkah-langkah rencana bisnis di atas bersifat pengetahuan dasar dan dapat dikembangkan lebih lanjut.
Sumber: http://bisnismikro.com/?p=76
2. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsip dalam perencanaan bisnis!
§ Fokus, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan visi, misi tertentu serta dengan tujuan yang jelas sehingga kita bisa fokus untuk mencapai tujuan.
§ Rasional dan faktual, artinya perencanaan usaha dibuat berdasarkan pemikiran yang masuk akal, realistik, berorientasi masa depan serta didukung dengan fakta-fakta yang ada.
§ Berkesinambungan dan estimasi, artinya perencanaan usaha dibuat dan dipersiapkan untuk tindakan yang berkelanjutan serta perkiraan-perkiraan tentang kondisi di masa depan.
§ Prepare dan fleksibel, artinya perencanaan usaha dibuat sebagai persiapan, yaitu pedoman untuk tindakan-tindakan yang akan dilaksanakan yang disesuaikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang dihadapi.
§ Operasional, artinya perencanaan usaha dibuat sesederhana mungkin, namun rinci, serta dapat dilaksanakan.
Sumber: http://sulitnih.wordpress.com/2012/09/01/rencana-usaha-yang-baik-tergan tung-latar-belangkang/
3. Apa saja komponen-komponen dalam perencanaan bisnis?
Sebelum Anda memulai usaha bisnis baru, Anda harus merencanakan secara menyeluruh. Salah satu cara terbaik untuk menentukan apakah suatu ide bisnis yang layak adalah dengan mengevaluasinya. Jika ide itu mengejar bernilai, informasi yang dikumpulkan selama tahap perencanaan dapat digunakan untuk mengembangkan sebuah rencana bisnis.
§ Kemungkinan
Langkah pertama dalam menentukan kelayakan suatu ide bisnis adalah mencari tahu apakah itu sesuatu yang dapat Anda lakukan. Apakah Anda memiliki pengetahuan, keterampilan dan sumber daya untuk menariknya keluar? Misalnya, jika Anda ingin memulai sebuah perusahaan produksi, Anda harus memiliki akses ke peralatan video dan tahu bagaimana menggunakannya dengan baik. Demikian juga, jika Anda ingin memulai sebuah studio tari, Anda harus memiliki pendidikan formal tarian atau dapat mempekerjakan staf yang tidak. Jika Anda tidak memiliki keterampilan untuk memulai sebuah bisnis tertentu, cobalah untuk mencari alternatif. Misalnya, jika Anda ingin memulai sebuah studio tari tapi tidak memiliki pelatihan tari, Anda mungkin melihat ke dalam memulai tarian-pakaian toko pengecer atau fasilitas dimana guru tari dapat menyewa ruang untuk mengajar kelas.
§ Anggaran
Anggaran sangat penting ketika merencanakan bisnis dan sering apa yang menentukan apakah suatu bisnis dapat bertahan. Berapa banyak uang yang akan dibutuhkan tergantung pada beberapa faktor, seperti kawasan geografis, industri, akal, berapa banyak staf yang akan dibutuhkan, sewa dan peralatan. Anggaran harus mencakup semua aspek kegiatan usaha, termasuk gaji karyawan, asuransi dan pajak, dan harus ada uang yang dianggarkan untuk keadaan darurat, seperti masa kering di mana pelanggan adalah sedikit dan jauh di antara.
§ Struktur
Setiap bisnis membutuhkan suatu struktur hukum. Pilihan meliputi: kepemilikan tunggal, sebuah bisnis sama operasi yang dijalankan oleh satu orang, kemitraan, perusahaan patungan antara dua atau lebih orang yang berbagi keuntungan dan kerugian sama, perusahaan, badan hukum tersendiri yang harus mengajukan anggaran pendirian perusahaan; S korporasi, di mana penghasilan dari bisnis dilewatkan melalui kepada pemegang saham, dan perusahaan tanggung jawab hukum, atau LLC, di mana file-file artikel bisnis pendirian dan dikenakan pajak sebagai kemitraan. Hal ini sangat membantu untuk berkonsultasi dengan seorang pengacara ketika Anda mengajukan dokumen untuk membangun suatu struktur bisnis, jika semuanya tidak dilakukan dengan benar, aplikasi akan ditolak dan harus diajukan kembali. Pengecualian adalah dengan kepemilikan tunggal, dalam hal prosedur untuk mendirikan sebuah struktur bisnis sangat mudah.
§ Lokasi
Dalam kasus bisnis fisik dengan sebuah bangunan atau toko ritel, lokasi akan tergantung pada target pasar. Sebagai contoh, sebuah toko sepatu high-end harus ditempatkan di wilayah di mana penduduk memiliki pendapatan yang cukup untuk membayar barang-barang mewah. Sebuah perusahaan pemasaran harus ditempatkan di sekitar bisnis lain yang mungkin menggunakan layanan tersebut. Dengan bisnis virtual atau online, lokasi adalah masalah memilih siapa yang harus layanan, dan hal ini harus jelas dinyatakan pada website bisnis. Misalnya, pemilik toko pakaian online akan perlu memutuskan negara mana yang ia ingin menjual dan mengetahui implikasi hukum dan peraturan tentang pengiriman ke negara-negara.
§ Pemasaran
Pemasaran meliputi hubungan masyarakat, periklanan dan promosi. Ini bagian dari rencana bisnis harus mencatat tempat terbaik untuk mengiklankan (biasanya tempat pasar target yang membaca atau kunjungan), strategi untuk mendapatkan perhatian media untuk usaha, bagaimana membangun hubungan dengan pelanggan dan media melalui layanan masyarakat (juga dikenal sebagai hubungan masyarakat) dan apakah untuk menawarkan penjualan khusus, kupon, promosi, membeli insentif atau keanggotaan pelanggan.
§ Kompetisi
Persaingan merupakan aspek penting dari perencanaan bisnis. Anda harus menentukan ” pemimpin” dari industri, jika seseorang menawarkan produk atau jasa yang sama dan bagaimana bisnis Anda dapat membedakan dirinya dari bisnis serupa. Ini bagian dari tahap perencanaan adalah juga waktu untuk menemukan kelemahan kompetisi dan daerah di mana usaha baru dapat memperbaiki yang sudah ada.
Sumber: http://kutubuku.web.id/696/perencanaan-bisnis-komponen-komponen-penting
4. Menurut Anda, aspek penting apa yang perlu diperhatikan dalam perencanaan bisnis tersebut!
§ Aspek ekonomis
Aspek ini mencakup analisis pasar, penjualan, biaya produksi, maupun profit margin.Faktor ini sangat penting, karena mempengaruhi tingkat keputusan untuk merealisasikan ide menjadi bisnis yang sesungguhnya. Aspek ini akan mengkaji sejauh mana tingkat keuntungan yang diperoleh, dengan daya serap pasar yang ada dan kemampuan memiliki modal untuk menjalankan operasional bisnis. Meskipun idenya luar biasa, tetapi kalau dalam perhitungannya merugi, ya buat apa? Karena itu, Anda harus paham betul, bagaimana Anda menghasilkan income, dan berapa biaya yang akan dikeluarkan.
§ Aspek teknis
Aspek ini sangat penting untuk mengukur kemampuan untuk menjalankan bisnis dengan baik. Apakah dengan modal yang ada, sudah mampu memproduksi barang atau jasa yang bisa dijual? bagaimana dengan kemampuan sumber daya manusianya? apakah semua kekuatan yang dimiliki mampu memberikan nilai tambah yang lebih baik kepada konsumen dibandingkan dengan usaha-usaha sejenis lainnya? Suatu rencana bisnis yang baik, akan memberikan peluang yang lebih baik, sekaligus meminimalisasi kemungkinan kegagalan bisnis.
§ Masa depan bisnis
Aspek ini akan mengkaji lebih komprehensif mengenai masa depan bisnis Anda. Jangan sampai, kita tahu bahwa bisnis yang digeluti adalah bisnis musiman, namun perencanaan yang diterapkan adalah untuk bisnis yang permanen. Ini tentu nantinya akan menganggu aspek teknis. Belum lagi dengan harapan-harapan konsumen yang selalu akan lebih maju dan up to date. Apakah mampu bisnis yang kita jalankan nanti menyerap pasar seperti ini? Inilah aspek penting yang harus diperhatikan secara seksama dan dituangkan dalam rencana bisnis.
Sumber: http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/16201-3-aspek-utama-dalam-membuat-rencana-bisnis.html
5. Terkait dengan tugas akhir dari mata kuliah ini, silahkan anda menyampaikan ide usaha yang akan dilaksanakan beserta dengan alasannya (minimal 1 halaman)
Ide usaha yang kami lakukan adalah kami memulai untuk menawarkan jasa pembuatan aplikasi baik desktop maupun website bagi orang-orang yang membutuhkan, kami menawarkan dari toko ke toko di wilayah Salatiga dan Semarang yang belum menggunakan sistem informasi.
Kami memilih ide usaha ini karena menurut kami dan sepengetahuan kami, toko-toko di Semarang dan Salatiga masih belum banyak yang memakai aplikasi penjualan, mereka masih menggunakan mesin kasir biasa yang hanya bisa mencetak nota pembayaran di saat konsumen melakukan transaksi. Kelemahan dari mesin kasir tersebut adalah tidak bisa membuat laporan penjualan harian maupun yang diinginkan oleh pihak pemiliknya, hanya bisa mencetak nota pembayaran saja.
Selain toko, kami juga menawarkan jasa pembuatan aplikasi ini ke sekolah, laundry dan persewaan mobil. Alasan kami menawarkannya ke sekolah karena menurut kami, sekolah sangat butuh aplikasi seperti pengelolaan data guru, staff dan murid. Selama ini banyak sekolah yang masih menggunakan arsip kertas untuk pendataannya. Kami yang menawarkan aplikasi pengelolaan data ke sekolah, mempunyai tujuan untuk membantu tata usaha dalam pengelolaan data sekolah. Kami juga menawarkan aplikasi ke laundry, dengan tujuan memudahkan pihak laundry dalam mengelola data konsumen yang sedang melakukan laundry.
Sedangkan untuk persewaan mobil, kami menawarkan aplikasi persewaan mobil dengan tujuan memudahkan pihak persewaan mobil dalam mengelola data kosumen dan data mobil, meliputi pengelolaan data konsumen yang melakukan transaksi, data stok mobil, laporan persewaan mobil selama waktu yang ditentukan. Dengan aplikasi persewaan mobil, pihak persewaan mobil dapat melihat mobil yang sedang keluar disewa oleh konsumen beserta waktu kembalinya, dapat melihat maupun mencetak laporan transaksi harian, mingguan maupun bulanan atau juga bisa menurut waktu yang ditentukan oleh pihak persewaan mobilnya.
Kesimpulannya adalah ide usaha kami menawarkan jasa pembuatan aplikasi berbasis desktop dan web ke toko, sekolah, laundry dan persewaan mobil di Semarang dan Salatiga dengan tujuan memudahkan pengguna dalam pengelolaan datanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar