Ada 4 poin yang disampaikan di kuliah umum, yaitu fact, theory, learn from success dan Educa Studio.
1. Fact
Ada beberapa fakta tentang kewirausahaan di Indonesia:
§ 1,9% dari 100% di Indonesia yang menjadi wirausaha
§ 40% bertahan di 5 tahun pertama
§ 10% bertahan sampai 5 tahun ke-2
§ 2% sukses, 8% bertahan
2. Theory
Build your company, bangunlah perusahaanmu. Ada beberapa poin tentang ini, yaitu:
§ Ide
Ide dapat dari hobi atau kebiasaan sehari-hari yang biasanya kita minati, jika tidak punya ide, kita dapat mencari bakat terlebih dahulu. Namun setiap manusia pastinya mempunyai hobi masing-masing, setidaknya satu hobi.
§ Konsep
Untuk membuat konsep, kita dapat menggunakan kertas sebagai medianya. Dengan kertas, kita dapat menuangkan ide kita dengan mudah daripada menggunakan media lain seperti komputer.
§ Modal
Ada dua modal untuk dapat berwirausaha, yaitu uang dan skill. Jika kita tidak mempunyai uang, kita dapat menggunakan skill kita untuk berwirausaha, contohnya seorang programmer yang menggunakan skill untuk berwirausaha. Begitu juga sebaliknya, jika kita mempunyai uang tetapi tidak mempunyai skill, kita dapat menjadi investor untuk berwirausaha, atau dapat menjadi wiraswasta.
§ Tim
Bangunlah tim. Sebuah perusahaan tidak dapat berdiri dengan satu orang. Bangunlah tim untuk membangun bersama-sama sebuah perusahaan.
§ Realize
Setelah hal di atas terpenuhi, anda dapat mengambil tindakan atau melakukan bisnis anda.
§ Failed
Jika failed atau gagal, kita dapat membangun ulang konsep usaha kita atau dapat membangun baru konsep usaha kita. Jika gagal, jangan menyerah karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.
§ Success
Jika sukses, kita dapat membagikan ilmu kita ke orang lain. Dengan membagikan ilmu ke orang lain, maka ilmu kita akan menjadi tertambah dan jangan berhenti untuk berinovasi.
3. Learn from success
§ Semuanya butuh proses, tidak ada yang “instant success”
Semua kesuksesan pasti membutuhkan proses, tidak ada yang langsung sukses tanpa adanya proses di dalamnya. Contohnya game buatan Rovio sukses setelah Rovio menciptakan gamenya yang ke-54, itupun sukses setelah 6 tahun peluncuran game. Peluncuran game tahun 2003, sukses pada tahun 2009.
§ Ide gila
Sukses besar dapat diraih dengan ide yang tidak masuk akal. Contohnya adalah Gmaps, produk dari Google ini termasuk ide gila, Google memetakan seluruh dunia ke dalam sebuah web. Ini merupakan ide gila dari Google.
§ Never give up
Kegagalan adalah sukses yang tertunda. Bill Gates, owner Microsoft didrop out oleh sekolahnya, namun Bill Gates pantang menyerah, yang akhirnya sekarang menjadi wirausaha yang sukses. Produknya sudah banyak dipakai di seluruh penjuru dunia.
§ Jangan pernah berhenti inovasi, think big!
Lakukan inovasi secara terus menerus dan jangan berhenti untuk berinovasi
§ Crazy proccess
Contoh yang melakukan crazy process adalah Agate Studio. Berdiri 2009 didirikan sebanyak 23 orang, pada 2 tahun pertama, pendapatan masih 0 rupiah. Pada tahun 2011, Agate Studio sudah mulai mapan dan termasuk Asian Star Game Studio terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara.
4. Educa Studio
§ 2007, pertama didirikan dengan menciptakan beberapa aplikasi yaitu edu solve (aplikasi edukasi sekolahan), registrasi, keuangan, penilaian, penjadwalan dan perpustkaan.
§ 2008, aplikasi yang diciptakan Shoot Empire dan Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain)
§ 2009-2011, berhenti. Bergabung dengan Golden T Studios. Sukses membangun Java Games Engine (GTGE) dan Game Online Framework (GPGGE)
§ 2011, Educa Studio lanjut, 6 bulan menciptakan 13 aplikasi komputer edukasi
§ 2012, Educa Studio mulai merintis aplikasi web dan aplikasi mobile. Ada 98 aplikasi yang telah diciptakan. 66 produk sukses dan 32 gagal.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah build your company. Bangunlah perusahaan sesuai dengan minat kita, lakukan dengan niat dan jangan cepat menyerah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar